Jalan Raya Bogor Kramatjati Jakarta Timur

Kereta Api, Solusi Angkutan Sayur dan Buah ke Kota Besar

Written By sayurmarket on Sunday, October 21, 2012 | 6:11 PM


TRANSAKSI: Kesibukan STA (Sub Terminal Agro) Sewukan darurat di Ketep, Sawangan, Magelang. (suaramerdeka.com/Tuhu Prihantoro)
MAGELANG, suaramerdeka.com - Apa jadinya cabai yang dikirim dari Magelang ke Jakarta jika terlambat sampai delapan jam? hampir dipastikan 80 persen cabai hampir busuk dan ekses dari keterlambatan itu panjang. Cabai ditolak karena kondisinya melebihi spesifikasi yang disepekati sebelumnya dengan pembeli.
Pihak pembeli juga kecewa karena tidak bisa memenuhi harapan konsumen. Penyebabnya satu, yaitu akibat lalu lintas macet di mana-mana. Perjalanan Magelang – Jakarta, kalau lancar dapat ditempuh dalam waktu 10 jam. Tetapi jika macet, waktu tempuh bisa menjadi hampir dua kali lipat lamanya.
Lamanya perjalanan mengakibatkan barang yang diangkut seperti sayur, buah dan daging, akan menjadikan rusak. Agar aman sebenarnya sudah ada teknologinya, yaitu  dengan menggunakan kendaraan  berpendingin (coolbox).
“Namun kalau sayur dan buah segar itu diangkut dengan coolbox, lalu dikeluarkan dan dijual ditempat terbuka, maka akan rusak,” kata Direktur Lembaga Konsultan dan Agribisnis “Beras Merah” Kabupaten Magelang, Ir H Soekam Parwadi, Minggu (21/10).
Menurut dia, sayur dan buah yang diangkut dengan coolbox, harus dijual pula dalam ruang berpendingin (coolroom). Tetapi perangkat itu belum ada di pasar-pasar kota, baik pasar induk maupun pasar eceran biasa. Kalau misalnya diadakan perangkat pendingin sayur dan buah itu, maka harga jualnya akan menjadi mahal dan hal itu bisa memberatkan konsumen.
Itu artinya, jika diangkut dengan kendaraan tak berpendingin, hendaknya melaju cepat, dan kendaraan darat yang bebas dari jalan macet adalah kereta api. Walau sebagian gerbongnya tua, tetapi kondisinya bersih. Yang mengesankan, keberangkatan dan kedatangan tepat waktu.
Memanfaatkan kebaikan manajemen kereta api yang semakin bagus itu, agaknya menjadi jalan keluar yang baik untuk angkutan sayur dan buah yang sangat diperlukan konsumen kota. Sejak Zaman Belanda, kereta api memang telah menjadi alat angkut hasil pertanian, karena memiliki hambatan paling kecil di jalan darat dan ongkosnya paling murah.
Dengan perbaikan manajemen PT KAI sebagai pengangkut massal, agaknya fungsi kereta api sekarang juga perlu ditingkatkan fungsinya sebagai pengangkut barang yang handal, yakni cepat, tepat waktu dan murah.
Angkutan sayur dan buah menggunakan jasa kereta api itu dapat dimulai di Jawa. Karena hampir semua daerah sentra produksi pertanian di Jawa dilintasi kereta api. Untuk kelancarannya, diperlukan STA (Sub Terminal Agro) di dekat stasiun KA. Untuk Kabupaten Magelang yang rel kereta apinya sudah tidak ada, dapat memanfaatkan jalur kereta api yang ada di Yogyakarta.
Pasar Induk Komoditi di kota besar sebaiknya juga dibangun didekat stasiun KA tujuan. Manajemen pasar induk bisa menyediakan kendaraan angkut lokal, untuk memindahkan barang dari gerbong barang kereta api ke lapak-lapak di pasar induk.
( Tuhu Prihantoro / CN26 / JBSM )

0 comments:

Post a Comment

 
SayurMarket located at Jakarta , Kramat Jati, ID . Reviewed by SayurMarket rated: 4.8 / 5
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Bloggers.com